Selasa, 28 Februari 2017

Manfaat lengkuas Untuk kesehatan



Manfaat lengkuas Untuk kesehatan - Lengkuas merupakan salah satu jenis bumbu dapur yg gampang dijumpai di Indonesia. Dalam kajian ilmiah, lengkuas dikenal dengan nama latin Alpinna Galanga. Bila didasarkan di ciri pisiknya, lengkuas hampir serupa dengan jahe & juga kunyit. Meski demikian, anda dapat dengan gampang membedakannya dengan tips menghirup baunya. Lengkuas tersebut tumbuh subur di wilayah tropis seperti Indonesia. Sebab itu tidak boleh heran bila ibu-ibu suka menanamnya di pekarangan rumah. Selain dikhasiatkan sebagai bumbu masakan, ternyata khasiat lengkuas buat kesehatan manusia pun cukup beragam. 


Bagian tanaman lengkuas yg dikhasiatkan ialah rimpangnya. di akar rimpang ini, tersembunyi sejumlah senyawa penting antara lain minyak atsiri yg terdiri atas galangol, methyl-cinnamae, galangin & sineol. Senyawa lainnya ialah kamper, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat, amilum & masih banyak lagi lainnya. Kompleksnya senyawa yg tersimpan didalam rimpang lengkuas tersebut menjadikan ia sebagai salah satu herba obat yg banyak dikhasiatkan oleh masyarakat. 

Manfaat & khasiat lengkuas untuk kesehatan antara lain: 

  • Lengkuas bisa  mencegah & mengatasi tumor. Senyawa transkoniperil disasetat didalam lengkuas diketahui bisa  menghambat kerja enjim ksanthin yg merupakan salah satu pemicu tumor.
  • Lengkuas bersipat anti-inplamasi, dengan demikian ia manjur meredakan radang. Khasiat lengkuas tersebut terkait kandungan galangin, & karioperidanya.
  • Lengkuas manjur mengatasi penyakit rheumatoid arthritis.
  • Lengkuas dapat meredakan gelaja kurang nyaman dampak luka yg ada didalam perut.
  • Bila kita mabuk laut, kunyahlah lengkuas & perprobleman kita ini bakal teratasi.
  • Dengan memakai lengkuas didalam masakan Anda, dengan cara tak langsung kita sudah mengonsumsi obat alami buat melancarkan peredaran darah dan menangkal radikal bebas dari dalam.
  • Khasiat lengkuas lainnya ialah meredakan diare. Cukup dengan beberapa kunyahan lengkuas, diare bakal hilang dalam beberapa waktu.
  • Lengkuas dapat mengobati rematik & juga nyeri limpa.
  • Bila kita cermat, kadang-kadang dalam produk penambah napsu konsumsi selalu dicantumkan lengkuas atau Alpinna Galanga sebagai salah satu bahan baku. Memang, salah satu khasiat lengkuas ialah buat membantu merangsang napsu makan. Jadi bila anak atau anggota keluarga kita lainnya mengalami keadaan kurang napsu makan, tak terdapat salahnya meracik lengkuas jadi minuman hangat buat mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar